Tel: (021) 75791272 Email: sekr-pte@bppt.go.id

Rapat Koordinasi Evaluasi Pelaksanaan Kerjasama PTE BPPT dengan Dinas Kelautan Perikanan DIY perihal Pengujian Pemanfaatan AIS BPPT

Pada tanggal 11 November 2021 bertempat di Kantor PPP Sadeng (Pelabuhan Perikanan Pantai), Dinas Kelautan dan Perikanan Pemrov.DIY telah melaksanakan Rapat Koordinasi Evaluasi Pelaksanaan Kerjasama antara PTE BPPT dengan DKP DIY perihal “Pengujian Teknologi Elektronika Navigasi BPPT untuk Meningkatkan Keselamatan Transportasi Pelayaran Nelayan dan Upaya Peningkatan Kesejahteraan Nelayan di Wilayah Daerah Istiewa Yogyakarta”.  Rapat ini dipimpin oleh Sekretaris Dinas Kelautan Perikanan DKP Bp. Hery dan dihadiri oleh para undangan antara lain Tim AIS PTE, Kepala Balai Teknologi Infrastruktur Pelabuhan Dinamika Pantai BPPT, Perwakilan Bappeda DIY, Kepala Kantor PPP Sadeng beserta jajarannya dan Koordinator Baron Techno Park BPPT.

Pada kesempatan ini dipaparkan Proses dan Capaian Pelaksanaan Kerjasama oleh Kepala Program Sistem Elektronika Navigasi BPPT, yang dilanjutkan dengan diskusi. Pada Rapat koordinasi disimpulkan bahwa Kerjasama telah berjalan dengan baik dan dari Dinas KP DIY, Bappeda dan PPP Sadeng sangat mengharapkan kerjasama dapat dilanjutkan di tahun berikutnya agar dapat memperoleh manfaat yang lebih optimal. Pelaksanaan kegiatan ini merupakan kolaborasi dengan berbagai pihak, yaitu Balai Riset Observasi Laut (BROL) KKP sebagai penyedia data PPDPI dan PT.Navicom Indonesia sebagai mitra industri yang memproduksi AIS Camar.

Pada rangkaian acara ini, para peserta rapat melakukan meninjau ke fasilitas infrastruktur AIS BPPT yang telah terpasang di PPP Sadeng, yaitu: BTS AIS, AIS Monitoring di kantor Syabandar Sadeng dan KM Restu Putra. (wsp)

 

Rapat Koordinasi Evaluasi Kerjasama

 

  

Kunjungan Peserta Rapat Koordinasi ke Fasilitas Infrastruktur AIS BPPT

Peningkatan Kinerja AIS Monitoring BPPT di Baron TechnoPark DIY

AIS Monitoring BPPT merupakan hasil inovasi teknologi elektronika navigasi yang berfungsi untuk memantau lalu-lintas pelayaran (traffic situational awareness) secara online, dan dapat digunakan sebagai alat bantu untuk meningkatkan keselamatan pelayaran. Pada tanggal 10 November 2021 telah dilakukan perbaikan dan penggantian antena untuk meningkatkan kinerja infrastruktur AIS Monitoring BPPT yang telah terpasang sejak tahun 2019. Sistem telah berkinerja dengan baik dapat memantau kapal atau target lainnya yang menggunakan perangkat AIS. (wsp)

 

   

Perbaikan BTS AIS dan Antena AIS

 

Tampilan AIS Monitoring BPPT

 

Pelaksanaan Instalasi Infrastruktur Pengujian AIS dalam rangka Pelaksanaan Kerjasama Pemanfaatan Hasil Inovasi Teknologi BPPT dengan Dinas Kelautan & Perikanan Pemprov. DIY

 

 

        

AIS Transceiver Kelas B "Camar"                    KM Restu Putra di PPP Sadeng                         BTS AIS BPPT

 

Dalam rangka pelaksanaan kerjasama pengujian atau Proof of Concept (PoC) pemanfaatan hasil inovasi teknologi PTE BPPT yaitu AIS Transceiver Kelas B "Camar", maka pada pada tanggal 29-30 September 2021 telah dilaksanakan instalasi infrastruktur PoC AIS BPPT di lokasi PPP (Pelabuhan Perikanan Pantai) Sadeng DIY. Infrastruktur yang dimaksud antara lain yaitu pemasangan AIS Transceiver Kelas B “Camar” di Kapal Motor Restu Putra (GT58), instalasi APP- Aplikasi Navigasi,  pemasangan antenna AIS di tower, pemasangan perangkat BTS AIS BPPT dan pemasangan AIS Monitoring BPPT.  

Tujuan dari kerjasama tahun 2021 ini yaitu persiapan pemanfaatan “AIS Camar BPPT untuk Meningkatkan Keselamatan Transportasi Pelayaran Nelayan dan Upaya Peningkatan Kesejahteraan Nelayan di Wilayah Daerah Istiewa Yogyakarta”. (wsp) 

Penyempuraan Infrastruktur Pengujian AIS Transceiver Kelas B “Camar” di PPP Sadeng DIY

Tim AIS Pusat Teknologi Elektronika telah melakukan penyempurnaan infrastruktur PoC AIS Camar BPPT di PPP (Pelabuhan Perikanan Pantai) Sadeng DIY pada tanggal 8-11 November 2021. Semua perangkat berfungsi dengan baik, yaitu AIS Transceiver Kelas B “Camar) di KM Restu Putra, BTS AIS BPPT dan AIS Monitoring BPPT. Dan telah dilakukan sosialisasi + pelatihan penggunaan perangkat-perangkat tersebut. Tahap selanjutnya dilakukan operasional pelaksanaan Pengujian AIS hingga akhir Desember 2021.(wsp)

 

      

                                              Perangkat AIS Transceiver Kelas B “Camar” di KM Restu Putra - Pantai Sadeng DIY

 

      

Instalasi BTS AIS                                                      Display AIS Monitoring di Syahbandar Sadeng                      

 

Pusat Teknologi Elektronika BPPT menjalin kerjasama pemanfaatan hasil inovasi teknologi AIS Camar dengan Dinas Kelautan & Perikanan DIY

Disaksikan oleh Menristek/BRIN, Kepala BPPT & Deputi Kelapa Bidang TIEM telah dilakukan penandatanganan Rencana Kerja TA 2021 yaitu “Ujicoba Teknologi Elektronika Navigasi BPPT untuk Meningkatkan Keselamatan Transportasi Pelayaran Nelayan dan Upaya Peningkatan Kesejahteraan Nelayan di Wilayah Daerah Istiewa Yogyakarta”. Penandatanganan dilakukan oleh Direktur PTE Dr.Michael Andreas Purwoadi dengan Kepala Dinas Kelautan & Perikanan DIY Bp.Bayu Mukti Sasongka. Penandatanganan ini dilakukan di Baron TechnoPark BPPT di DIY tanggal 18 Desember 2020 pada saat kunjungan kerja Menristek/BRIN ke Yogyakarta. Kerjasama ini diawali dengan pengujian atau Proof of Concept pemanfaatan hasil inovasi teknologi PTE yaitu AIS Camar, diharapkan akan dilanjutkan dengan pemanfaatan operasional lebih luas (wsp).

Login Form

Hubungi Kami

Gedung Teknologi Informasi, Komunikasi dan Elektronika, No. 254
Kawasan PUSPIPTEK Serpong, Tangerang 15314

Tel: (021) 75791272 Ext. 3555

Fax: (021) 75791266