Tel: (021) 75791272 Email: sekr-pte@bppt.go.id

Pusat Teknologi Elektronika BPPT menjalin kerjasama pemanfaatan hasil inovasi teknologi AIS Camar dengan Dinas Kelautan & Perikanan DIY

Disaksikan oleh Menristek/BRIN, Kepala BPPT & Deputi Kelapa Bidang TIEM telah dilakukan penandatanganan Rencana Kerja TA 2021 yaitu “Ujicoba Teknologi Elektronika Navigasi BPPT untuk Meningkatkan Keselamatan Transportasi Pelayaran Nelayan dan Upaya Peningkatan Kesejahteraan Nelayan di Wilayah Daerah Istiewa Yogyakarta”. Penandatanganan dilakukan oleh Direktur PTE Dr.Michael Andreas Purwoadi dengan Kepala Dinas Kelautan & Perikanan DIY Bp.Bayu Mukti Sasongka. Penandatanganan ini dilakukan di Baron TechnoPark BPPT di DIY tanggal 18 Desember 2020 pada saat kunjungan kerja Menristek/BRIN ke Yogyakarta. Kerjasama ini diawali dengan pengujian atau Proof of Concept pemanfaatan hasil inovasi teknologi PTE yaitu AIS Camar, diharapkan akan dilanjutkan dengan pemanfaatan operasional lebih luas (wsp).

Pelaksanaan Tahap Awal PoC A-SMGCS di Bandara Bandung

  

Pada minggu pertama Desember 2019, telah berhasil dilaksanakan instalasi PoC SMMS “Surface Movement Monitoring System BPPT” (SMMS). SMMS merupakan bagian dari prototipe awal A-SMGCS (Advanced – Surface Movement Guidance & Control System) yang tengah dikembangkan oleh BPPT. Lingkup akivitas ini yaitu pemasangan ADS-B Transmitter di 5 unit kendaraan operasional bandara milik AP II dan milik Pangkalan Udara TNI AU Husein Sastranegara Bandung. Kemudian instalasi perangkat HMI SMMS di Airnav, tower ADC serta di ruang AMC (Apron Movement Control). Pada tahap awal ini dihasilkan bahwa pergerakkan kendaraan tersebut serta pergerakkan pesawat dapat terpantau dengan baik. Tahap selanjutnya akan dilakukan penyempurnaan, pengujian kinerja serta penambahan sensor lain yang diperlukan.

BPPT berhasil Ujicoba ADS-B Transmitter BPPT di Kawasan PUSPIPTEK Serpong

 

    

Dalam rangka proses pengembangan prototipe ADS-B Transmitter, maka perlu dilakukan pengujian fungsi laboratorium secara outdoor di kawasan Puspiptek. Pada pengujian ini diuji 6 buah prototipe ADS-B Transmitter yang terpasang di kendaraan yang bergerak di kawasan Puspiptek. Pergerakkan kendaraan terpantau oleh sistem penerima yang terpasang di beberapa gedung BPPT di kawasan Puspiptek. Hasil pengujian menununjukkan prototipe perangkat ini berfungsi dengan baik sesuai dengan standar.

  

 

Koordinasi Persiapan PoC A-SMGCS BPPT di Bandara Husein Sastranegara Bandung

Berdasarkan undangan Plt.GM Airnav Cabang Bandung, telah dilaksanakan pertemuan koordinasi tanggal 2 Desember 2019 di Kantor Airnav Cabang Bandung perihal persiapan pelaksanaan PoC “Surface Movement Monitoring System BPPT” (SMMS). SMMS merupakan bagian dari prototipe awal A-SMGCS (Advanced – Surface Movement Guidance & Control System) yang tengah dikembangkan oleh BPPT. Pertemuan ini dihadiri berbagai pihak terkait, yaitu Airnav Cabang Bandung, GM PT.Angkasa Pura II Cabang Bandung dan dari perwakilan Pangkalan TNI Angkatan Udara Husein Sastranegara Bandung. Pada pertemuan ini semua pihak mendukung penuh pelaksanaan PoC oleh BPPT.

Login Form

Hubungi Kami

Gedung Teknologi Informasi, Komunikasi dan Elektronika, No. 254
Kawasan PUSPIPTEK Serpong, Tangerang 15314

Tel: (021) 75791272 Ext. 3555

Fax: (021) 75791266