Tel: (021) 75791272 Email: sekr-pte@bppt.go.id

Laboratorium Kompatibilitas Elektromagnetik (EMC)

Manajer Teknis : Arief Rufiyanto, M. Eng

Wakil Manajer Teknis : Dr. Reza Septiawan

Electromagnetic Compatibility atau EMC menyediakan layanan pengujian yang berkaitan dengan mutu dan kualitas suatu produk serta tingkat keamanan dan keselamatannya. Untuk mendukung kegiatannya, laboratorium ini telah dilengkapi dengan sarana pengujian dan pengembangan terkait Kompatibilitas Elektromagnetic antara lain Semi Anechoic Chamber, dan direncanakan Shielded Room Radiated Emission Test dan Shielded Room Immunity Test.

Laboratorium ini merupakan bagian dari Laboratorium Inovasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (Lab TIK) BPPT yang  telah mendapatkan sertifikat akreditasi SNI ISO/IEC 17025:2008 dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) dengan Sertifikat Akreditasi Laboratorium NO. LP-1001-IDN. Laboratorium ini terus berupaya untuk memberikan layanan terbaik, utamanya untuk mendukung program prioritas nasional. Kini Lab TIK telah secara resmi ditunjuk sebagai Balai Uji Perangkat Telekomunikasi oleh Direktorat Jenderal Sumberdaya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Kominfo.

Layanan Pengujian
Layanan pengujian yang disediakan oleh Laboratorium Kompatibilitas Elektromagnetik meliputi :

  • CISPR 22 khusus radiated emission, diterapkan pada peralatan Teknologi Informasi (ITE). Akan dikembangkan pula kemampuan untuk CISPR 22 untuk conducted emission.
  • CISPR 24 (immunity pada perangkat ITE).
  • CISPR 11 (diterapkan pada peralatan yang didesain untuk mengahasilkan energi gelombang radio (RF) untuk tujuan industri, ilmu pengetahuan dan kesehatan).
  • CISPR 13 (diterapkan pada penerima siaran radio dan televisi atau dari pemancar yang sejenis serta peralatan peralatan pelengkapnya), dan standar lain.

Pengembangan Model 
Selain menyediakan layanan pengujian, Laboratorium Kompatibilitas Elektromagnetik juga melakukan kegiatan pengembangan, antara lain mengenai dampak gelombang RF pada kesehatan meliputi :

  • Desain : mini alat uji (spectrum analyzer/siggen)
  • Desain : mini chamber, material contour
  • Desain : antenna filter dan weight control

Fasilitas
Seluruh layanan dan kegiatan dalam laboratorium ini didukung dengan adanya fasilitas dan alat uji yang dimiliki, meliputi:

1. 10m Anechoic Chamber untuk Radiated Emission Test. Memiliki shielding effectiveness hingga 18 GHz.

2. Dilengkapi pintu geser semi otomatis

        

3. Ruang kontrol, kamera CCTV berwarna

4. Turntable berdiameter 3 m Turntable

5. Antenna mast yang dikontrol secara elektronis untuk pengamatan pada ketinggian 1 - 4 m

 

 

Status Akreditasi

Sertifikat Akreditasi Laboratorium NO. LP-1001-IDN

Ruang Lingkup Akreditasi :

Hubungi Kami

Gedung Teknologi Informasi, Komunikasi dan Elektronika, No. 254
Kawasan PUSPIPTEK Serpong, Tangerang 15314

Tel: (021) 75791272 Ext. 3555

Fax: (021) 75791266